.:: Rumah Sakit Islam Sakinah ::. MANFAAT SENAM DIABETES
MANFAAT SENAM DIABETES
Peserta senam diabetes

Diabetes mellitus (DM) atau kencing manis menjadi ancaman serius bagi pembangunan kesehatan akibat komplikasi yang ditimbulkannya, seperti kebutaan, gagal ginjal, kaki diabetes (gangrene) penyakit jantung, dan stroke. Menurut global status report on NCD World Health Organization (WHO) pada tahun 2010, Diabetes Mellitus menduduki peringkat ke-6 penyakit tidak menular (PTM) yang menjadi penyebab kematian. Upaya penanganan pada pasien DM sekaligus juga pencegahan terjadinya komplikasi adalah dengan teraturnya melakukan aktiitas isik (berolahraga). Dengan berolahraga diharapkan terjaganya kebugaran tubuh, menurunkan berat badan dan memperbaiki sensitivitas insulin, sehingga dapat memperbaiki kadar gula dalam darah. Pasien diabetes disarankan berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu selama 30 menit. Olahraga yang disarankan adalah olahraga aerobik seperti jalan kaki, berenang, bersepeda, jogging, dan senam diabetes. Olahraga disesuaikan dengan umur dan status kesegaran jasmani individu. Untuk pasien diabetes yang masih sehat intensitas olahraga bisa ditingkatkan, namun untuk pasien yang telah mengalami komplikasi, kuantitas olahraga dapat dikurangi. Rumah Sakit Islam Sakinah telah menyediakan wadah bagi penderita Diabetes Mellitus dalam bentuk komunitas / Club Diabetes yang di dalamnya memuat beberapa kegiatan diantaranya Senam DM yang rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu pada minggu kedua dan ke empat setiap bulan.
Berikut beberapa manfaat Senam Diabetes antara lain : 1. Mengontrol gula darah Dengan melakukan senam, maka bisa membakar kalori dan membakar kadar gula darah. 2. Menghambat penyakit kardiovaskuler. Dengan senam dapat menghambat faktor resiko penyakit kardiovaskuler yang sering menyerang penderita diabetes seperti stroke, jantung koroner dan penyakit pembuluh darah perifer. 3. Membantu penurunan berat badan Senam diabetes bisa menurunkan berat badan bagi penderita diabetes yang obesitas dan harus diimbangi dengan pola makan yang sehat. 4. Keuntungan psikologis Membuat hati menjadi bahagia

Diabetes mellitus (DM) atau kencing manis menjadi ancaman serius bagi pembangunan kesehatan akibat komplikasi yang ditimbulkannya, seperti kebutaan, gagal ginjal, kaki diabetes (gangrene) penyakit jantung, dan stroke. Menurut global status report on NCD World Health Organization (WHO) pada tahun 2010, Diabetes Mellitus menduduki peringkat ke-6 penyakit tidak menular (PTM) yang menjadi penyebab kematian.

Upaya penanganan pada pasien DM sekaligus juga pencegahan terjadinya komplikasi adalah dengan teraturnya melakukan aktiitas isik (berolahraga). Dengan berolahraga diharapkan terjaganya kebugaran tubuh, menurunkan berat badan dan memperbaiki sensitivitas insulin, sehingga dapat memperbaiki kadar gula dalam darah.

Pasien diabetes disarankan berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu selama 30 menit. Olahraga yang disarankan adalah olahraga aerobik seperti jalan kaki, berenang, bersepeda, jogging, dan senam diabetes. Olahraga disesuaikan dengan umur dan status kesegaran jasmani individu. Untuk pasien diabetes yang masih sehat intensitas olahraga bisa ditingkatkan, namun untuk pasien yang telah mengalami komplikasi, kuantitas olahraga dapat dikurangi.

Rumah Sakit Islam Sakinah telah menyediakan wadah bagi penderita Diabetes Mellitus dalam bentuk komunitas / Club Diabetes yang di dalamnya memuat beberapa kegiatan diantaranya Senam DM yang rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu pada minggu kedua dan ke empat setiap bulan.

Berikut beberapa manfaat Senam Diabetes antara lain :

  1. Mengontrol gula darah Dengan melakukan senam, maka bisa membakar kalori dan membakar kadar gula darah.
  2. Menghambat penyakit kardiovaskuler. Dengan senam dapat menghambat faktor resiko penyakit kardiovaskuler yang sering menyerang penderita diabetes seperti stroke, jantung koroner dan penyakit pembuluh darah perifer.
  3. Membantu penurunan berat badan Senam diabetes bisa menurunkan berat badan bagi penderita diabetes yang obesitas dan harus diimbangi dengan pola makan yang sehat.
  4. Keuntungan psikologis Membuat hati menjadi bahagia dan lebih percaya diri karena kebugaran jasmani pasien membaik sehingga pasien bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik.
  5. Mengurangi penggunaan obat Dengan rutin berolahraga dan menjaga pola makan yang sehat, dapat memberikan dampak positif yaitu kadar gula darah menjadi normal sehingga pasien bisa mengurangi obat yang dikonsumsi berdasarkan hasil konsultasi dengan dokter.

Begitu pentingnya senam diabetes sehingga perlu dilakukan secara rutin untuk meningkatkan kebugaran jasmani & kualitas hidup penderita diabetes.

dan lebih percaya diri karena kebugaran jasmani pasien membaik sehingga pasien bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik. 5. Mengurangi penggunaan obat Dengan rutin berolahraga dan menjaga pola makan yang sehat, dapat memberikan dampak positif yaitu kadar gula darah menjadi normal sehingga pasien bisa mengurangi obat yang dikonsumsi berdasarkan hasil konsultasi dengan dokter. Begitu pentingnya senam diabetes sehingga perlu dilakukan secara rutin untuk meningkatkan kebugaran jasmani & kualitas hidup penderita diabetes.


Layanan
Dokter
Caesar Muslimah
Copyright © 2021. Rumah Sakit Islam Sakinah | Online: 5 | Hits: 227 / 321778